BlogArtikelJumlah Program Studi yang Tersedia untuk Dipilih di SNBT 2024

Jumlah Program Studi yang Tersedia untuk Dipilih di SNBT 2024

Jumlah Program Studi

Artikel ini memberikan informasi terkait jumlah program studi yang ada di SNBT 2024. Simak dan tentukan pilihan sesuai dengan minat kamu.

 

Mediascanter.id – Pemilihan Program Studi pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 Mengalami Perubahan. SNBT 2024 menerapkan aturan baru terkait pilihan Program Studi (prodi) yang dapat diambil oleh calon mahasiswa. Pada tahun ini, peserta boleh memilih hingga empat prodi, berbeda dengan tahun sebelumnya di mana hanya diperbolehkan memilih dua prodi di satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau satu prodi di dua PTN.

Kebijakan baru ini bertujuan untuk memperluas opsi prodi pendidikan vokasi yang tersedia bagi calon mahasiswa. Dengan demikian, setiap mahasiswa dapat memilih prodi sarjana dan vokasi sekaligus saat mendaftar SNBT 2024.

Pilihan Jumlah Prodi yang Ada di SNBT 2024

Program studi yang tersedia untuk dipilih di Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 adalah sebanyak 4.606 program studi. Jumlah tersebut terdiri dari:

  • 585 program studi Diploma 3
  • 604 program studi Diploma 4/Sarjana Terapan
  • 3.417 program studi Sarjana

Dari jumlah tersebut, 76 program studi adalah program studi vokasi di PTN akademik, 43 program studi adalah program studi vokasi di PTN vokasi, dan 3.417 program studi adalah program studi sarjana di PTN akademik, PTN vokasi, dan PTKIN.

Peserta SNBT 2024 dapat memilih hingga 4 program studi. Peserta dapat memilih program studi dari berbagai PTN, baik PTN akademik, PTN vokasi, maupun PTKIN.

Berikut adalah aturan baru terkait pilihan jumlah prodi yang ada di SNBT 2024:

1. Peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

2. Peserta boleh memilih maksimal empat program studi, terdiri dari dua pilihan program akademik (Sarjana) dan dua pilihan program vokasi (D3 dan D4)      dengan ketentuan tertentu:

  • Satu pilihan prodi berarti bebas memilih program apa pun
  • Dua pilihan prodi berarti bebas memilih di program apa pun
  • Tiga pilihan prodi berarti dua program akademik dan satu program vokasi, atau satu program akademik dan dua program vokasi
  • Empat pilihan prodi berarti dua program akademik dan dua program vokasi, dengan setidaknya satu program D3

3. Urutan pemilihan program studi menentukan prioritas pilihan

4. Peserta yang berhasil lulus melalui SNBT 2024 dan sudah mendaftar di PTN tujuan tidak dapat mengikuti seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN mana pun

Syarat Daftar SNBT 2024

Selain informasi mengenai jumlah prodi yang dapat dipilih pada SNBT 2024, terdapat pula sejumlah persyaratan dan ketentuan yang menjadi perhatian bagi calon peserta SNBT 2024. Berikut ini syaratnya:

Syarat Umum:

  • Peserta harus merupakan siswa SMA/MA/SMK Kelas XIII atau kelas terakhir pada tahun 2024 dengan usia maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)
  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan paket C tahun 2022 dan 2023 dengan usia maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)
  • Membayar biaya UTBK sebesar Rp200 ribu, kecuali bagi penerima KIP Kuliah
  • Peserta hanya boleh mengikuti UTBK 2024 satu kali, dan hasilnya untuk mendaftar ujian Mandiri pada tahun 2024

Persyaratan Khusus:

  • Bagi peserta yang memilih program studi seni atau olahraga, wajib menyertakan portofolio

Semua informasi tersebut memberikan gambaran terkini mengenai jumlah prodi yang dapat dipilih pada SNBT 2024, serta syarat pendaftaran SNBT 2024. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *